Friday, April 15, 2011

3 days of Dye-ing

Tie dye on the highway - see the garlands in your hair




If you’re going my way, come along
What a beautiful sky - we just had to stop and stare
See the beautiful colours fill the air
(Oh, just the messengers of peace)

-Robert Plant-

Tie dye is a method. Indeed. Yup, dan beberapa hari yang lalu untuk pertama kalinya saya mencoba melakukan tie dye, dan untuk tiga hari berturut-turut setelahnya. Hahahahaa... Lila bilang saya sudah persis seperti buruh pabrik yang dari pagi sampe sore ngga berhenti kerja n cuma istirahat sebentar buat makan siang. Pada hari ketiga, saat hampir seluruh hasil tie dye saya kering, saya tiba-tiba kebingungan, 'kok kaki pegel banget ya', setelah diingat, ternyata selama tiga hari itu, selama kurang lebih 7 jam kerja, saya hampir tidak duduk sama sekali!He.. But overall, it was nothing but fun! :) 
Here are some trial n error pictures, and a sneak peak for draoupads next colletion! Eerrrr...agak deg-degan karena modelnya berbeda sekali dengan draoupads sebelum-sebelumny.. Hope you all like it :|


Pewarna yang saya gunakan pada hari pertama percobaan, Tie dyeing, merkny Nilon, beli di Toko Satria (Pasar Beringharjo), harganya? cukup seribu rupiah saja sodara-sodara!! Oya, satu lagi penting buat tie dye: Karet gelang yang banyak, seriously.. Banyak.






Saya agak malas membuat teknik lipatan dengan hasil yang standar (macam baju 'laskar pelangi' yang banyak dijual di pasar). Jadi saya mencoba mereka-reka lipatan lain, dan lain dan lain (yang akan dilihatkan di postingan selanjutnya)


Yuuhuuu... and here comes the best part: Dyeing!! Warna ini hasil eksperimen, saya mencampur warna krem dengan sedikit warna pink. Proses pencelupan harus dilakukan dengan air mendidih, dan ditunggu beberapa saat. Sebenarnya di keterangan pewarna proses dilakukan selama 60-90menit, hehehee... tapi berhubung saya orang yang 'sabar', jadi masing-masing warna cuma saya celup paling lama 20menit ;P




Oke, foto-foto proses selanjutnya nyusul yap.. berikut hasil jadinya. 


Salam Hangat
Kiki

No comments: